Analisis SWOT
Pengertian Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
# Empat komponen analisis SWOT
a. Strenght (Kekuatan)
Analisis kekuatan, merupakan sistem yang menganalisis kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan itu sendiri (Faktor Internal). Yang perlu dilakukan dalam analisis ini ialah perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan yang dimiliki, jika dibandingkan dengan para Kompetitornya. Misalnya saja, Suatu perusahaan keunggulan dalam penguasaan teknologi, maka keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menguasai pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih unggul.
b. Weaknesses (Kelemahan)
Analisis kelemahan, merupakan sistem yang menganalisis kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan itu sendiri (Faktor Internal) yang menjadi kendala dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
c. Opportunity (Peluang)
Analisis peluang, merupakan sistem yang menganalisis suatu peluang yang berasal dari luar suatu organisasi atau perusahaan agar dapat berkembang dimasa yang akan datang. Misalnya saja, dengan melihat perkembangan trend yang sedang digemari di masyarakat serta menciptakan suatu inovasi dari trend yang ada.
d. Threats (Ancaman)
Analisis ancaman, merupakan sistem yang menganalisis suatu tantangan atau penghalang dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan, baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.
# Manfaat analsis SWOT
Hasil dari analisa SWOT biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan Kualitas yang dimliki serta menambah keuntungan dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh suatu badan usaha dan menutup kekurangan serta menghindari dari bebagai ancaman baik dari dalam maupun luar kegiatan usaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar